BATAMUAN DI JUKUNG LALU “KAYUH BAIMBAI”

22 Juni 2008

Banjarmasin dilanda kepanikan yang luar biasa. Di sekitar daerah Kayu Tangi khususnya di salah satu ruangan SMK 2 BJM diributkan karena kehadiran beberapa orang tidak dikenal yang nampaknya sedang merencanakan sesuatu, entah apa itu. Mereka berdatangan dari penjuru Kalimantan Selatan dan tidak mungkin mereka datang jauh-jauh tanpa melakukan apa-apa, sungguh sangat mencurigakan.

Setelah coba dipaksa agar mengungkap jati diri mereka akhirnya diperoleh sebuah pernyataan yang mengejutkan bahwa mereka adalah sebuah komunitas para blogger yang mengikrarkan nama mereka sebagai komunitas blogger kal-sel “KAYUH BAIMBAI”. Nama yang banjar banget, mewakili identitas di mana komunitas itu lahir dan bergeliat.

Kayuh dalam bahasa Indonesia bisa diartikan mendayung, mengayuh. Sedangkan baimbai berarti bersama-sama. Secara harfiah dan filosofis (ceileh sok ngerti…) mungkin dapat dimaknakan bahwa semua blogger yang berada dalam komunitas ini merasa bahwa komunitas ini bak sebuah perahu yang hanya sebuah alat, segala sesuatu menyangkut bagaimana rancangan perahu, luas, pernak-pernik di dalamnya serta kegiatan apa yang dilakukan di perahu tersebut akan dipikirkan serta dilakukan secara bersama-sama, semua anggota bertanggung-jawab dan mengusahakan bagaimana perahu yang mereka tumpangi mampu berjalan dan membawa semua penumpangnya ke tujuan yang telah di cita-citakan bersama (busyet,,, teks book sekalee).

Sebenarnya komunitas ini berdiri sudah cukup lama, sekitar bulan Januari, namun karena satu dan lain hal maka pada hari ini, 22 Juni 2008 . kami para blooger KalSel yang terserak di mana-mana mencoba merekonstruksi kembali bangunan yang sebenarnya sudah punya pondasi ini, tinggal mendirikan dan merancang bagaimana kelanjutan pondasi ini kedepannya saja.

Report acara:

Acara ini recananya dimulai pukul 11.00 WITA. Namun karena kesibukan dan kepadatan jadwal para anggotanya (susah bilangnya kalau semuanya datang hampir telat, hi). Setelah melakukan doa dan ritual seperlunya maka acara secara riil dibuka pukul 01.00 WITA. Acara dilaksanakan dengan santai dan penuh rasa kekeluargaan, banyak usul dan pendapat yang terlontar dari lisan para anggota yang saat itu hadir sekitar 200 18 blogger. Setelah uruk-rembuk dihasilkan keputusan sementara yang akan dilajutkan diforum KB (Kayuh Baimbai) nantinya secara on-line. Pada hakikatnya hari ini hanyalah sebuah pembuktian bahwa komunitas KB masih ada dan akan terus ada. Untuk urusan mengenai teknis penerimaan anggota, kegiatan anggota, jadwal Kopdar, serta banyak lagi yang perlu dituntaskan akan diselesaikan dalam tjempo djang sesingkjat-singkjatnya secara bertahap seiring berjalannya waktu.

Di sela-sela diskusi yang ringan, disuguhkan juga rancangan situs KB yang akan segera di luncurkan secara resmi. Hampir seluruh blogger yang hadir saat itu merasa puas dan menginginkan situs resmi komunitas KB ini akan mengudara dalam dunia maya secepatnya, semoga saja. Ada juga diskusi tentang berbagai hal, dari yang kecil sampai hal yang sangat kecil, Wp clinic juga ada, bagi2 link, bahkan ada yang nekat promosi MLM loh! Gilee benerrr ternyata bloger kalsel. Waktu terasa begitu cepat, tawa dan canda sangat renyah untuk disantap pada diskusi dan kopdar kali ini. Semoga saja langkah ini adalah sebuah awal, bukan akhir yang hanya manis tapal awalnya.

Tidak terasa (walupun terasa) hari sudah terlampau sore untuk terus melajutkan pertemuan ini, akhirnya kopdar ini disudahi dengan santai dan tiap anggota membawa pulang kenangan serta semangat yang cukup hangat untuk dihidangkan dirumah nanti.

Penutupan kopdar ditutup dengan mendorong mobil dari salah seorang blogger, dorong terus, semangat, 1,2,,,3… he.

Demikianlah laporan yang terlampau singkat dari kaca mata saya, semoga ke depan komunitas ini akan terus bergeliat dan memberikan rasa nyaman yang menelusup kesetiap hati anggotanya. Hidup Blogger KalSel. Kayuh Baimbai, Waja Sampai Kaputing!

Jabat erat dan tabik!

Iklan

21 Tanggapan to “BATAMUAN DI JUKUNG LALU “KAYUH BAIMBAI””

  1. lakas banar sidin memposting, semangat banar pinanya…

    kada jua bang ae, cuma handak mengabadikan pertemuan kita secepatnya saja, supaya kada keduluan yang lain… semangat bang buat komunitas kita….
    tabik!

  2. sapri MK said

    moga makin jaya kb bubuhan kita tu ….

    siip… amin
    tabik!

  3. azkaa,, said

    waja sampai kaputing artinya apa? hhe. suxes yoa..

    artinya kurang lebih “semangat sampai akhir”
    makasih doanya…
    tabik!

  4. SHALEH said

    KB= Kayuh Baimbai, Keluarga Berencana, dll

    mungkin juga kalo kita artika begitu, jadinya kan komunitas kita adalah sebuah komunitas yang berasaskan kekeluargaan,,, gimana?
    jabat erat dan tabik!

  5. Pakacil said

    whuahahahaha…
    penutupannya mantap…
    😀 😀 😀

    😀 wayah pa jar baganti mobil pian? he…
    sip…sip…. nyari keringet sekalian….
    tabik!

  6. gusti said

    pengantar tulisannya telalu dramatis.. “Banjarmasin dilanda kepanikan yang luar biasa…” hahaha… mantap.. jadi jua kah kalinya manunjul motor ampun bubuhan pakacil? hehehe.. mohon maaf kada umpat manunjul… ^_^

    hehehe, orang-orang panik karena kita melakukan sesutau yang sangat kada normal, mahamburakan ruang sekolah orang… he….
    kada papa, dibantu doa z jar pakacil tuh,he…
    tabik!

  7. pajrin said

    Hammer nya 2 – 3 kali tunjul hanyar mau hidup :))..pakacil…pakacil..pabila jua baganti mobil nh?heheheh.

    he eh , mun mobilnya ganal kawa jua kita umpat bakayuh di dalamnya, iya kah? he
    tabik!

  8. Ari said

    Sep2…… moga makin jaya aja Kayuh Baimbai.
    walaupun kita sudah tidak ada lagi, tapi kayuh baimbai tetap akan selalu ada….

    siiip… selalu hidup dalam kenangan anak cucu kita (emang kita pada mau kemana)… he
    tabik!

  9. sarah said

    Padahal dah ada niatan untuk menerbitkan foto “buhan para tukang kayuh” pada saat dorong mobil. Pengabadian moment “tunjul baimbai” hahahhaa.. Tapiii… tidak jadiiii..
    Seruuu…bgtt kopdar episode III kmrn… Maklum yang I dan II tidak hadir.

    bagus tuh mbak, di upload aza, biar orang tau bahwa kita tidak hanya bicara, tapi langsung turun kelapangan untuk tunjul baimbai…
    😀 😀
    tabik!

  10. Kegiatan perdana: Mendorong mobil carbon!!! *ngakak guling-guling*

    Auk curiga, itu mobil kada mogok, carbon ja kumat isengnya…

    inya dasar nya bisa mobil pakacil tuh, bila kita takumpulan hanyar mogok, meulah kita menunjul haja, mana kada langsung mau ha pulang,,, he
    tabik!

  11. jiwakelana said

    salam kenal aja dezh dari jiwakelana

    siip,,,
    salam kenal jugha…
    tabik!

  12. wennyaulia said

    maksudnya kopdaran di SMK gt?
    wah..keren juga ya…

    iyah, km kehabisan tempat (karena ga da dana, hehehe), untung ada yang berbelas kasihan, jadi disekolah orang deh… he
    tabik!

  13. shin asakura said

    wih artikel lu up to date bgt bos!
    banyk bgt lg yang ngomentarin!

    semangat ya untuk mengembangkan blog ini!

    slm pershbtn dan tabok!

    makasih, ga ada apa-apanya punya saya ini mas…
    semangat juga tuh….
    tabok balik!

  14. […] Lima, Banjarbaru. Sebuah pertemuan pendahuluan yang dilanjutkan dengan Kopdar sekaligus “batamuan” resmi Komunitas Blogger Kalsel a.k.a Kayuh Baimbai. Lebih jauh mengenai pertemuan ini bisa […]

    siiiip….

  15. l5155st said

    assalamu’alaikum…

    dahulu saya mengira mbak tabik, ternyata mas aqsani taqwiem toh…?

    Ya sudah, permintaan maafnya berupa motivasi saja ya…

    http://fitrahfitri.wordpress.com/2008/06/24/sekuntum-bunga-yang-kau-berikan/

    Salam ukhuwah saudaraku…

    Didit Fitriawan

    wss…
    yah, ga papa mas, makasih dan berkunjung lagi, maapnya ta terima loh, asal sering main ke sini…
    salam ukhuah…
    tabik!

  16. Rita said

    KopDar… asyiiikkk……
    Dalem tjempo yg sesingkat2nya, kaya’ bunyi proklamasi aja hehe…Moga KB-nya cepat mengudara deh ya…..
    Ndorong mobil? huahahahaha… 😀

    yah, begitulah mbak… dinikmati bersama saja…
    tabik!

  17. Rita said

    Klupaan, Jabat Erat dan Tabik Jugaaa

    jabat erat juga…
    tabik!

  18. wah asyik tuh judulnya

    *pada teu ngartos* 😀

    wah, malah saya yang ga ngerti apa yang anda tulis
    tabik!

  19. Hebat … selamat. Semoga menjadi penulis hebat jua, meneruskan tradisi Muhammad Arsyad Al-Banjari; banyak nulis dari bicara. Sekali lagi selamat. Salam.

    makasih pak…
    mohon ilmunya buat belajar menulis…
    tabik!

  20. taufik79 said

    Hehe,selamat buat komunitas blogger kal-sel “KAYUH BAIMBAI”. “…Nama yang banjar banget, mewakili identitas di mana komunitas itu lahir dan bergeliat…” Yang penting bgt, bgaimana komunitas “papadaan blogger” itu memberi ruang buat para blogger pemula tuk berminat,mau dan mampu “membumikan” semangat kepenulisan di banua kita. Ditunggu aksi2nya. Salam blogger!

    amin. semoga ada manfaatnya bagi perkembangan blog di daerah kita.
    tabik!

  21. Ophie said

    Aslm…
    wah jadi pengen ikut gabung ni….
    Pian kalsel dimananya??

    boleh, nanti kalau kopdar datang aza, saya di martapura, tapi lo pagi di banjarmasin, sore juga biasanya lewat di banjarbaru. GImana?
    tabik!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: