SPEEDY DI BUMI ANTASARI

8 Juni 2008

banerMenyenangkan sekali apa yang kita lihat beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia khususnya Kalimantan Selatan mulai disuguhi bermacam hidangan teknologi mulai dari hardware yang spesifikasinya terus bermetamorfosis menjadi luar biasa canggih dari hari ke hari sampai kepada berkembangnya para penyedia layanan yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Ketika kita membicarakan perkembangan teknologi khususnya penyedia layanan akses internet cepat (broadband) tentu kita tidak bisa berpaling dari nama dagang semisal speedy. Jujur sebagai orang awam saya mengatakan bahwa speedy adalah salah satu provider yang paling familiar, kenapa? Karena sebelum speedy tidak banyak yang saya tahu mengenai jenis-jenis penyedia layanan internet cepat khususnya di regional Kalimantan Selatan. Kalaupun ada tentu kita sama-sama mengetahu kalau harga yang ditawarkan agaknya tidak wajar.

Kehadiran speedy tentu menjadi langkah awal yang baik di tengah hiruk-pikuk infomasi digital dan gelombang globalisasi yang begitu keras menerpa kita semua, yang kesemuanya itu tidak bisa kita hindari tentu saja. Hal ini juga tidak lepas dari boomingnya penyedia layanan internet cepat (broadband) yang sedang dalam masa-masa booming, dengan harga yang relatif terjangkau tentu mempunyai imbas seperti menjamurnya warnet-warnet dan pengguna layanan internet. ketika kita tidak siap ataupun keteteran dalam berlari bersama kemajuan teknologi tersebut, maka ketinggalan informasi akan menjadi sebuah harga mati yang implikasinya begitu akut dan berantai. Itulah kenapa pepatah “Biar lambat asal selamat” sudah mulai usang dalam hal mendapatkan dan mengakses infomasi dari belahan dunia manapun, pepatah yang paling cocok menggantikan pepatah tersebut adalah “Siapa cepat dia dapat”. Diakui atau tidak speedy sudah menancapkan benderanya sangat kuat di Kalimantan Selatan, terutama dalam hal sosialisasi, kemudahan dan promosi, speedy agaknya masih menduduki peringkat nomor satu.

Perkembangan speedy di Kalimantan Selatan tidak lepas dari perkembangan sumber daya manusia yang kehidupannya semakin dinamis dan innovatif, speedy meretas jalan bagi berkembangnya kehidupan yang berbasis kemudahan dalam beraktifitas. Imbas dari kehadiran speedy tentunya menjadikan internet yang perlahan-lahan mulai menjadi kebutuhan primer atau kebutuhan utama dari berbagai kepentingan dan kalangan tentu semakin akrab dengan warga banua. Masyarakat Kalimantan Selatan sedikit demi sedikit berekonstruksi menjadi masyarakat yang melek internet, kemudahan mengakses web, dan menjamurnya blog akhir-akhir ini menjadi indikasi yang tidak bisa kita punkiri sedikit banyaknya karena kehadiran speedy di tengah-tengah kita. Terima kasih tentu adalah sebuah penghargaan yang wajar kepada speedy yang tentu tidak mudah meretas jalan masuknya teknologi informasi di bumi Lambung Mangkurat.

Bagi Kalimantan Selatan sendiri karena menjamurnya blog, warnet, web dan sebagainya yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan sendiri tentu disengaja atau tidak pernak-pernik teknologi tersebut akan membawa warna lokal ke tingkat regional, nasional bahkan internasional tentunya. Kita sama-sama menyadari bahwa arus globalisasi akan berimplikasi negatif terhadap daya tahan budaya lokal yang akan semakin rentan dan rawan, belum lagi generasi muda kita khususnya di Kalimantan Selatan agaknya masih begitu akut terserang budaya luar yang membawa potensi hancurnya rasa kedaerahan kita yang sedari dulu sudah perlahan mulai pudar, tentu ketika blog dan situs-situs berbau lokal bermunculan maka hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan ikut menunjang bertahannya budaya lokal Kalimantan Selatan sendiri.

Tentu jika diibararatkan sebagai seorang bayi, kehadiran speedy di Kalimantan masih terhitung dalam usia remaja, seperti halnya manusia dalam usia remaja maka ia masih dalam tahap pematangan dari ketidakstabilan emosional dan pola pikir. Speedy dalam beberapa waktu ke depan tentu masih perlu berbenah, ketidakstabilan menjadi salah satu masalah pelik yang harus disikapi dengan cepat dan secepatnya. Agar tidak ada lagi keluhan “Speedy sedang macet dan gangguan” Yang tentu akan mencoreng nama speedy yang sudah tercitrakan dengan baik dihadapan masyarakat awam di Kalimantan Selatan.

Daya jangkau juga mesti ditambah kalau perlu mencakup wilayah-wilayah yang provider lain tidak bisa, ini akan menjadi keunggulan dan kelebihan tersendiri bagi speedy. Jangan sampai ada kasus ada yang belum bisa berspeedy ria di pinggiran kota Banjarbaru, atau di bantaran sungai Martapura. Artinya jangkuan speedy masih relatif hanya di tengah-tengah kota, padahal di tengah ataupun dipinggiran kota tentu banyak orang yang ingin menikmati layanan speedy. Hal ini harus menjadi rintangan yang harus secepatnya diatasi agar tidak ada masalah keterbatasan jangkauan dikemudian hari.

Dengan luas wilayah 37.530,52 Km2 atau 3.753.052 ha serta didukung dengan keragaman penduduknya tentu menjadikan Kalimantan Selatan adalah sebuah daerah dengan potensi yang luar biasa sebagai sebuah masyarakat dinamis yang terus bergeliat dan berkembang menuju masyarakat yang berbasis teknologi informasi. Dengan jumlah penduduk lebih dari 3.245.705 jiwa untuk tahun 2008 menurut Badan Pusat Statistik maka ketika speedy mampu memaksimalkan potensi yang siap melededak ini maka speedy dan masyarakat Kalimantan Selatan akan menjadi dua komponen yang tidak terpisahkan, melahirkan sebuah hubungan simbiosis mutualisme yang manis dan harmonis, saling menguntungkan bagi masing-masing pihak. Speedy akan mampu menyuguhkan sebuah dunia tanpa batas untuk masyarakat Kalimantan Selatan. Semoga! Untuk Kalimantan Selatan yang jauh lebih baik!

Jabat erat dan tabik!

Iklan

6 Tanggapan to “SPEEDY DI BUMI ANTASARI”

  1. annmolly said

    Kumpulkan foto2 hasil jepretan malam tdi ke http://flickr.com/groups/783793@N21/ tutorialnya bisa dibaca di http://anomali.net/2008/06/09/how-to-upload-your-photos-into-kayuhbaimbai-group-pool/ Trims

    ga da juga fotoku, huh…
    tabik!

  2. taufik79 said

    Selamat, sampeyan sebagai finalis lomba Speedy Competition! Sayang sekali, kemarin saya gak bisa hadir, ada urusan yang “lebih penting” (menurut kaca mata subyektif saya), ada acara keluarga di Martapura yg tak bisa ditinggalkan, dilematis memang, tapi moga ada hikmahnya! Sekali selamat Bapak! Salam jabat erat…

    saya sebenarnya ingin ketemu bapak, pengen belajar dari pian, he
    habat erat dan tabik!

  3. Shei said

    ohoho..saia mau pake spedi kok masi ketar-ketir costnya ya..
    *apa saia aja yang kere*
    hm..
    warnet masi banyak..
    Hohoho…

    yup, warnet banya…
    tapi lebih oke lo yang banyak itu hot spot, hihihi
    tabik!

  4. yadi said

    gak ada speedy mungkin tugas gak bakalan lancar slam kenal

    sya aza ga make speedy, doku nya ga ada… nyari yang grstisan aza dey,,,
    tabik!

  5. weib said

    banyak hotspot?..ke IPB aja…gratiiis…

  6. erline said

    ada info baru nich bro…layanan speedy prabayar satu kali untuk akses 3 / 3,5 / dan 4 tahun…diiutng itung murah bget…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: